Pembelajaran Berdiferensiasi

Diferensiasi
berarti menyesuaikan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individu. Pembedaan
yang dapat dilakukan guru yaitu konten,
proses, produk, atau lingkungan belajar.nPada tingkat paling dasar,
diferensiasi bermakna upaya guru untuk menanggapi perbedaan di antara peserta
didik di kelas. Setiap kali seorang guru menjangkau individu atau kelompok
kecil untuk memvariasikan pengajarannya guna menciptakan pengalaman belajar
terbaik, guru tersebut sedang melakukan diferensiasi pembelajaran.
Guru dapat
membedakan setidaknya empat elemen kelas berdasarkan kesiapan, minat, atau
profil pembelajaran siswa. Konten merupakan bahan atau materi yang akan dipelajari
siswa atau cara siswa akan memperoleh akses ke informasi. Proses merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk
memahami atau menguasai konten. Produk merupakan proyek puncak yang meminta
siswa untuk berlatih, menerapkan, dan memperluas apa yang telah dipelajarinya
dalam suatu unit. Lingkungan belajar meruapakan nuansa kelas.
Sumber
Tomlinson, C. A. 2000. Differentiation of
Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on
Elementary and Early Childhood Education.