|
II. Latar Belakang Akademis
Gelar |
Universitas |
Tahun |
Sarjana Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia |
Universitas Pendidikan
Indonesia |
2000 – 2005 |
Master Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia |
Universitas Pendidikan
Indonesia |
2010 – 2012 |
III Proyek Penelitian dan Pengembangan (dalam 5 tahun)
No. |
Judul |
Tahun |
1. |
Respons Psikis
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unesa, terhadap Karya
Sastra Indonesia Bertema Covid-19 di Tengah
Pandemi Covid-19 (Penelitian Kebijakan Fakultas) |
2020 |
2. |
Pengembangan Bahan Ajar
Mata Kuliah Apresiasi Puisi Berbasis Model Pembelajaran Investigasi Kelompok
Bagi Mahasiswa S-1 Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (Penelitian Kebijakan
Fakultas) |
2019 |
3. |
Pengembangan Bahan Ajar
Mata Kuliah Teori Sastra Berbasis Model Pengajaran Advance Organizer Bagi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra
Indonesia 2016 FBS Unesa (Penelitian Swadana Jurusan) |
2018 |
4. |
Representasi Keindahan
dan Kerusakan Lingkungan dalam Prosa Indonesia 2011 – 2016: Kajian Ekokritik
(Tahun Kedua Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi) |
2018 |
5. |
Pengembangan Rancangan
Pembukaan Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Korea di Fakultas Bahasa dan
Seni Unesa (Penelitian Swadana Jurusan) |
2017 |
6. |
Representasi Keindahan
dan Kerusakan Lingkungan dalam Prosa Indonesia 2011 – 2016: Kajian Ekokritik (Tahun
Pertama Penelitian Fundamental) |
2017 |
7. |
Pengembangan Prosedur
Operasional Standar (POS) Kegiatan Akademik Jurusan Bahasa dan Sastra
Indonesia FBS Unesa (Penelitian Swadana Jurusan) |
2016 |
8. |
Peran Perempuan dalam
Novel Indonesia Mutakhir Karya Perempuan Pengarang: Tinjauan Kritk Sastra
Feminis (Penelitian Swadana Fakultas) |
2015 |
9. |
Ketidakadilan Gender
dalam Kumpulan Cerita Pendek Bastian
dan Jamur Ajaib Karya Ratih Kumala (Penelitian Swadana Jurusan) |
2015 |
IV. Publikasi Terbaru (dalam 5 tahun)
No. |
Judul |
Tahun |
Jurnal/Proseding |
Link/DOI |
1. |
“Roehana Koeddoes Perlawanan terhadap Belanda Kolonialisme di 'Belanggu Emas' oleh Iksaka Banu”
|
2021 |
Jurnal Humaniora UGM |
https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/62578 |
|
|
|
|
|
2. |
“Berbasis Karya Sastra di Lingkungan As Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra Berorientasi Lingkungan pendidikan”
|
2020 |
Prosiding The Kedua internasional Konferensi pada Progresif pendidikan(ICOPE) 2020
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Representasi Keindahan
dan Kesadaran Lingkungan dalam Novel Indonesia Kontemporer: Kritik Sastra
Berperspektif Ekologi |
2019 |
Jurnal Lentera (Jurnal
Pendidikan dan Pengajaran Bahasa
Indonesia) |
|
4. |
Portrayal of EcologicalCrisis In IndonesianProse: Fiction and Reality |
2019 |
||
|
|
|
|
|
5. |
Pelibatan Perempuan
dalam Pelestarian Lingkungan: Representasi Gagasan Tosca Santoso dalam Sarongge dan Ladu |
2018 |
Prosiding Semnas PPM
2018 |
http://prosiding.lppm.unesa.ac.id/index.php/semnasppm2018/article/view/157 |
6. |
“Representation of
Ecospirituality Perspective in Baiat
Cinta di Tanah Baduy by Uten Sutendy” |
2017 |
Proceedings of Social
Sciences, Humanities and Economics
Conference (SoSHEC 2017) |
https://www.atlantis-
ress.com/proceedings/soshec-p17/25893194 |
|
|
|
|
|
7. |
Realitas Lingkungan
dalam Prosa Indonesia 2011 – 2016: Kajian Ekokritik |
2017 |
Prosiding Semnas PPM
2017 |
|
8. |
Deskripsi Kerusakan
Ekosistem Laut dalam Novel Dari Rahim Ombak
Karya Tison Sahabuddin Bungin:
Kajian Ekokritik |
2016 |
Prosiding Paramasastra
2016 |
|
9. |
Isu Gender dalam Novel- novel Indonesia Mutakhir |
2016 |
Prosiding Seminar
Nasional Perempuan dan Perlindungan Anak |
|
10. |
Representasi Kerusakan Lingkungan dalam Prosa Indonesia Mutakhir(Kajian
Ekokritik) |
2016 |
Prosiding International
Conference on Literature XXV |
|
VII. Keanggotaan Organisasi Profesi
No. |
Nama Organisasi |
Tahun |
1. |
HISKI
Komisariat Unesa |
2016 s.d. sekarang |