No |
PLO |
Deskripsi |
|
1 |
SIKAP |
PLO 1 |
Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila |
PLO 2 |
Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi |
||
PLO 3 |
Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan |
||
2 |
PENGETAHUAN |
PLO4 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra |
PLO 5 |
Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra |
||
PLO 6 |
Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus |
||
PLO 7 |
Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
||
3 |
KETERAMPILAN UMUM |
PLO 8 |
Mampu mengkaji implikasi perkembangan atau penerapan ilmu teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, prosedur, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni. , dan menyusun komposisi ilmiah sebagai hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi |
PLO 9 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memecahkan masalah di bidang bahasa dan sastra Indonesia beserta proses pembelajarannya berdasarkan hasil informasi dan analisis data yang diperoleh untuk menjamin validitas dan mencegah plagiarisme |
||
PLO 10 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan dengan pembimbing, kolega, dan rekan sejawat di bawah tanggung jawab program studi baik di dalam maupun di luar institusi |
||
PLO 11 |
Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus |
||
4 |
KEAHLIAN KHUSUS |
PLO 12 |
Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah |
PLO 13 |
Mampu mengapresiasi, mengungkapkan, dan menciptakan karya sastra Indonesia secara lisan dan tulisan |
||
PLO 14 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, termasuk untuk pembelajar asing dan anak-anak inklusif |
||
PLO 15 |
Mampu menghasilkan jasa dan produk kreatif di bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan |